Strategi Pengembangan Pembelajaran Calistung pada Anak Usia Dini TK, PAUD, RA, KB, SPS, TPA

Strategi Pengembangan Pembelajaran Calistung pada Anak Usia Dini TK, PAUD, RA, KB, SPS, TPA

berkas-paud - Anak TK merupakan individu yang berbeda, unik, dan memiliki karakteristik tersendiri sesuai dengan tahapan usianya. Masa usia TK merupakan masa keemasan (golden age) di mana stimulasi seluruh aspek perkembangan berperan penting untuk tugas perkembangan selanjutnya. Perlu disadari bahwa masa-masa awal kehidupan anak, termasuk anak TK, merupakan masa terpenting dalam rentang kehidupan seorang anak. Pada masa ini pertumbuhan otak sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat. 
Strategi Pengembangan Pembelajaran Calistung pada Anak Usia Dini TK, PAUD, RA, KB, SPS, TPA

Pendidikan TK diberikan pada anak agar dapat berkembang secara optimal. Mengingat pentingnya masa ini, maka peran stimulasi berupa penyediaan lingkungan yang kondusif harus disiapkan oleh para pendidik, baik orang tua, guru, pengasuh ataupun orang dewasa lain yang ada di sekitar anak, sehingga anak memiliki kesempatan untuk mengembangkan seluruh potensinya. Potensi yang dimaksud meliputi aspek moral dan nilai-nilai agama, sosial, emosional dan kemandirian, kemampuan berbahasa, kognitif, fisik / motorik, dan seni.  

Perlu diingat bahwa TK merupakan lembaga pendidikan pra-skolastik atau pra-akademik. Artinya, TK tidak mengemban tanggung jawab utama dalam membelajarkan keterampilan membaca, menulis dan berhitung. Substansi pembinaan kemampuan skolastik atau akademik ini haruslah menjadi tanggung jawab utama lembaga pendidikan sekolah dasar. Namun demikian, pada dasarnya membelajarkan persiapan Membaca, Menulis dan Berhitung di TK dapat dilaksanakan selama dalam batas-batas aturan pengembangan Praskolastik atau pra-akademik. Dengan kata lain, upaya pengembangan harus dilakukan melalui kegiatan Bermain agar tidak membuat anak kehilangan masa bermainnya.

Pembelajaran persiapan membaca, menulis dan berhitung di TK hendaknya dapat diberikan secara terpadu dalam program pengembangan kemampuan dasar yaitu bidang pengembangan berbahasa, motorik dan kognitif. Sehingga  diharapkan guru-guru TK dapat merancang dan mengkreasikan permainanpermainan sambil memperkenalkan persiapan membaca, menulis dan berhitung yang sesuai dengan tahap pencapaian perkembangan anak.

Download Juga :
  • Metode Pembagian Belajar Anak Usia Dini [DOWNLOAD]
  • PENGEMBANGAN KREATIVITAS MELALUI GERAK DAN LAGU [DOWNLOAD]
  • Kumpulan Video Instruksional Guru dan Tutor TK/PAUD [DOWNLOAD]
  • Pengembangan Kreativitas Seni Untuk TK/PAUD/RA/KB/TPA [DOWNLOAD]
  • Kumpulan Video Seri Anak | Anak Berbudi Pekerti [DOWNLOAD]
  • Kumpulan Video Edukasi Anak Usia Dini TK/PAUD/RA/KB/SPS/TPA [DOWNLOAD]

Tujuan Pembelajaran 

1. Kompetensi Dasar 
Setelah membaca modul ini peserta diharapkan mampu menjelaskan hubungan antara pengembangan kreativitas dan pengenalan calistung di TK, mempraktekkan dan menciptakan beragam permainan dalam pembelajaran permulaan membaca, menulis dan berhitung. 

2. Indikator Keberhasilan 
Setelah mempelajari semua materi dalam modul ini, peserta diklat mampu:
  • Menjelaskan hubungan kreativitas dengan pengenalan membaca, menulis dan berhitung di TK
  • Mempraktekkan Permainan Membaca di TK sebagai wahana pengembangan kreativitas 
  • Mempraktekkan Permainan Menulis di TK sebagai wahana pengembangan kreativitas
  • Mempraktekkan Permainan Berhitung di TK sebagai wahana pengembangan kreativitas

Dengan demikian, maka dipandang perlu bagi ayah bunda mengetahui Strategi Pengembangan Pembelajaran Calistung pada Anak Usia Dini TK/PAUD/RA/KB/SPS/TPA, berikut saya sertakan pedomannya dapat ayah bunda download pada link di bawah ini :

Strategi Pengembangan Pembelajaran Calistung pada Anak Usia Dini TK/PAUD/RA/KB/SPS/TPA [DOWNLOAD]

Demikian yang dapat saya bagikan pada kesempatan ini, semoga Strategi Pengembangan Pembelajaran Calistung pada Anak Usia Dini TK/PAUD/RA/KB/SPS/TPA dapat membantu dalam peningkatan mutu pendidikan khususnya di Taman kanak-kanak/sederajat, silahkan untuk di shsare kembali agar dapat lebih bermanfaat bagi ayah bunda yang lain, dan saya ucapkan terima kasih atas kunjungan ayah serta bunda semuanya.

Contoh Contoh Laporan Awal RKAS BOP PAUD/TK, RA, Kober, Tahun Anggaran 2017 Sesuai Juknis Terbaru

Contoh RPPH TK PAUD MODEL KELOMPOK KURIKULUM 2013 Revisi 2017-2018

Contoh Narasi Rapor PAUD Kurikulum 2013


Terbanyak Dilihat :


    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Strategi Pengembangan Pembelajaran Calistung pada Anak Usia Dini TK, PAUD, RA, KB, SPS, TPA"

    Post a Comment

    Terima Kasih Telah Memberi Saran Dan Komentar