PEDOMAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

PEDOMAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

berkas-paud, berikut merupakan Pedoman Sarana dan Prasarana PAUD guna memenuhi kebutuhan Sarana dan Prasaran PAUD sesuai dengan standar, maka Ditjen PAUD DIKMAS menyusun Pedoman Sarana dan Prasarana PAUD. Saya berharap Pedoman ini dapat memberi gambaran secara signifikan tentang identifikasi kebutuhan sarana dan Prasarana PAUD sesuai kategori usia anak dan standar pengelolaan sarana dan prasarana PAUD yang meliputi penataan, perawatan dan rambu-rambu pengelolaan sarana dan prasarana PAUD. 
PEDOMAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
PEDOMAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI


PENGERTIAN

Pengertian sarana dan prasarna Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)Sarana adalah segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud atau tujuan. Sedangkan prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses (usaha, pembangunan, proyek). ntuk lebih memudahkan membedakan keduanya. Sarana lebih ditujukan untuk benda!benda yang bergerak seperti komputer dan mesin!mesin, sedangkan prasarana lebih ditujukan untuk benda!benda yang tidak bergerak seperti gedung.Pengertian Sarana prasarana Menurut Ketentuan mum Permendiknas (Peraturan Menteri Pendidikan "Nasional) "NO. 24 tahun 2007.

1. SARANA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Sarana adalah perlengkapan pembelajaran yang dapat dipindah-pindah, sedangkan prasarana adalah fasilitas dasar untuk menjalankan fungsi sekolah/madrasah. Sarana pendidikan antara lain gedung, ruang kelas, meja, kursi serta alat!alat media pembelajaran. Sedangkan yang termasuk prasarana antara lain seperti halaman, taman, lapangan, jalan menuju sekolah dan lain-lain.Secara umum, sarana adalah segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dan bahan untuk mencapai maksud dan tujuan dari suatu proses produksi. (contohnya, sabit, cangkul, dll.).

2. PRASARANA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Sedangkan Pengertian dari Prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya produksi. (contohnya) lahan, parit, jalan, pabrik, tempat kerja, dan sebagainya. Misalnya, dalam bidang transportasi darat kita dapat menyebut mobil, motor, bis, taksi sebagai sarana transportasi karena digunakan secara langsung oleh User/pemakai tingkat akhir. Sedangkan fasilitas pendukung seperti jalan, rambu-rambu, lampu lalu lintas dapat kita sebut sebagai prasarana.Pengertian sarana dan prasarana secara umum. Secara umum definisi sarana dan prasarana ini yakni alat penunjang keberhasilan suatu proses upaya yang dilakukan dalam pelayanan publik, karena apabila kedua hal ini tidak tersedia, maka apapun kegiatan yang dilakukan tidak akan mencapai hasil yang maksimal sesuai harapan dan rencana. 

Moenir mengemukakan bahwa sarana adalah segala jenis peralatan, perlengkapan kerja dan fasilitas yang berfungsi sebagai alat utama pembantu dalam pelaksanaan pekerjaan, dan juga dalam rangka kepentingan sehubungan dengan organisasi kerja. Pengertian yang dikemukakan oleh Moenir, jelas memberi arah bahwa sarana dan prasarana adalah merupakan seperangkat alat yang digunakan dalam proses kegiatan, baik alat tersebut adalah mwerupakan peralatan pendukung maupun peralatan utama, dimana keduanya berfungsi untuk meujudkan tujuan yang hendak dicapai.

Berdasarkan pengertian di atas, maka sarana dan prasarana pada dasarnya memiliki 'ungsi utama sarana dan prasarana adalah sebagai berikut Mempercepat proses pelaksanaan pekerjaan sehingga menghemat waktu serta meningkatkan produktivitas, baik barang maupun jasa. hasil kerja lebih berkualitas dan terjamin.1ebih memudahkan sederhana dalam gerak para pengguna pelaku. Ketepatan akan susunan stabilitas pekerja lebih terjamin, Menimbulkan rasa kenyamanan bagi orang-orang yang berkepentingan, Menimbulkan rasa puas pada orang!orang yang berkepentingan yang mempergunakannya. 

Untuk Melengkapi Administrasi ayah bunda, berikut saya sertakan PEDOMAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI yang dapat ayah bunda download pada link berikut :
PEDOMAN SARANA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI [DOWNLOAD]
PEDOMAN PRASARANA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI [DOWNLOAD]
Demikin informasi singkat mengenai sarana dan prasarana semoga bisa bermanfaat, dan terimakasih atas kunjungan ayah bunda.


Berikut beberapa informasi dan berkas PAUD lainnya dengan Topik Terkait di bawah ini.



Contoh Contoh Laporan Awal RKAS BOP PAUD/TK, RA, Kober, Tahun Anggaran 2017 Sesuai Juknis Terbaru

Contoh RPPH TK PAUD MODEL KELOMPOK KURIKULUM 2013 Revisi 2017-2018

Contoh Narasi Rapor PAUD Kurikulum 2013


Terbanyak Dilihat :


    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "PEDOMAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI"

    Post a Comment

    Terima Kasih Telah Memberi Saran Dan Komentar