Penerapan Model Pembelajaran Sentra Untuk Anak Usia Dini

Penerapan Model Pembelajaran Sentra Untuk Anak Usia Dini

Selamat Pagi ayah bunda semua, setelah beberapa hari admin tidak dapat update artikel terbaru berkas-paud, dikarenakan kesibukan yang lain, akhirnya kali ini admin dapat menulis kembali tentang Penerapan Model Pembelajaran Sentra Untuk Anak Usia Dini. mungkin sebagian yanda dan bunda sudah memahaminya, namun semoga saja menambah referensi dan menjadi pengetahuan bagi yanda dan bunda semua. dengan segala kerendahan hati, yuk baca sampai tuntas ya bunda...

Penerapan Model Pembelajaran Sentra Untuk Anak Usia Dini
Penerapan Model Pembelajaran Sentra Untuk Anak Usia Dini


Pengertian Model Pembelajaran Sentra


Model Pembelajaran Sentra dan saat lingkaran atau “Beyond Center and Circle Time” (Lebih Jauh Tentang Sentra dan Saat Lingkaran) atau lebih dikenal dengan model pembelajaran sentra, sentra belajar (learning center atau learning areas)1 merupakan model pembelajaran yang berfokus pada anak. Pembelajarannya berpusat di sentra main dan saat anak dalam lingkaran.

Sentra Main adalah zona atau area main anak yang dilengkapi dengan seperangkat alat main, berfungsi sebagai pijakan lingkungan yang diperlukan untuk mendukung perkembangan anak dalam tiga jenis permainan, yakni main sensorimotor (fungsional), main peran dan main pembangunan. Sedangkan saat lingkaran adalah saat pendidik duduk bersama anak dengan posisi melingkar untuk memberikan pijakan kepada anak yang dilakukan sebelum dan sesudah main.

Pada pembelajarannya dengan menggunakan 4 jenis pijakan (scaffolding) untuk mendukung perkembangan anak, yaitu :

  • pijakan
  • lingkungan main;
  • pijakan sebelum main; 
  • pijakan selama main; dan
  • pijakan setelah main. 

Pijakan adalah dukungan yang berubah-ubah,disesuaikan dengan perkembangan yang dicapai anak dan diberikan sebagai pijakan untuk mencapai perkembangan yang lebih tinggi. Pembelajaran sentra merupakan model pembelajaran yang telah dikembangkan oleh Creative Center for Childhood Research and Training (CCCRT) yang berkedudukan di Florida, Amerika Serikat, selama 25 tahun dan telah terakreditasi oleh National Association Early Young Childhood (NAEYC) sebagai model pembelajaran yang direkomendasikan dapat diterapkan di Amerika Serikat. 

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini telah menerjemahkan bahan-bahan pelatihan model pembelajaran sentra dan telah memperoleh copyright dari CCCRT selama lima tahun (2004-2009). Model pembelajaran sentra dan saat lingkaran merupakan pengembangan dari metode Montessory, High Scope dan Reggio Emilio, yang memfokuskan kegiatan anak di Sentra-sentra atau Area-Area untuk mengoptimalkan seluruh kecerdasan anak (sembilan kecerdasan jamak).

Model Pembelajaran Sentra dianggap paling ideal diterapkan di Tanah Air, selain tidak memerlukan peralatan yang banyak, tapi kecerdasan anak tetap bisa dioptimalkan. Model pembelajaran sentra mampu merangsang seluruh aspek kecerdasan anak (multiple intelligent) melalui bermain yang terarah. Setting pembelajaran mampu merangsang anak saling aktif, kreatif, dan terus berfikir dengan menggali pengalaman sendiri. Jelas berbeda dengan pembelajaran masa silam yang menghendaki murid mengikuti perintah, meniru, atau menghafal.

Demikian tulisan saya kali ini tentang Penerapan Model Pembelajaran Sentra Untuk Anak Usia Dini, semoga bermanfaat dan menjadi bahan pertimbangan dan Pembelajaran yang akan diterapkan pada PAUD/TK yang ayah bunda kelola. Akhirnya saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

Contoh Laporan Awal RKAS BOP PAUD/TK, RA, Kober, Tahun Anggaran 2017 Sesuai Juknis Terbaru


Terbanyak Dilihat :


    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Penerapan Model Pembelajaran Sentra Untuk Anak Usia Dini"

    Post a Comment

    Terima Kasih Telah Memberi Saran Dan Komentar